Wednesday, November 15, 2017

DEFINISI dan SEJARAH KOMPUTASI MODERN

DEFINISI KOMPUTASI MODERN

KOMPUTASI MODERN

Dalam dunia IT komputasi dapat ditafsirkan  sebagai suatu teknik  untuk menuntaskan  sebuah masalah dari masukan data dengan memakai  algoritma. Teknologi komputasi ialah  aktivitas pemakaian dan pengembangan teknologi komputer, hardware, dan aplikasi  komputer. Yang adalah bagian spesifik komputer dari teknologi informasi.
Secara umum ilmu komputasi ialah  bidang ilmu yang memiliki  perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik solusi  numerik serta pemakaian komputer untuk meneliti dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam pemakaian  praktis, seringkali  berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai format  komputasi lainnya untuk menuntaskan  masalah-masalah dalam sekian banyak   bidang keilmuan, namun  dalam perkembangannya dipakai  juga untuk mengejar  prinsip-prinsip baru yang fundamental  dalam ilmu.
Bidang ini bertolak belakang  dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga bertolak belakang  dengan teori dan eksperimen  sebagai format  tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi bisa  memberikan sekian banyak   pemahaman baru, melewati  penerapan model-model matematika dalam program komputer menurut  landasan teori yang sudah  berkembang, untuk menuntaskan  masalah-masalah nyata dalam ilmu

SEJARAH KOMPUTASI MODERN

Komputasi canggih  ini kesatu  kalinya digagaskan oleh seorang ilmuan yang mempunyai  nama  John Von Neumann. Dialah orang yang kesatu  kali menggagaskan konsep suatu  sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam suatu  memory. Konsep berikut  yang menjadi dasar arsitektur komputer modern. John Von Neumann memberikan sekian banyak   sumbangsihnya dengan teknik  meningkat karya – karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Di samping  itu, Von Neumann pun  adalah seorang ilmuan yang paling  berperan urgen  dalam penciptaan  bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II silam. Dan berkat kepiawaian Neumann di bidang teori game berikut  ia dapat  melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi canggih  yang akhirnya mencetuskan  sebuah computer.
Sebenarnya kata “komputer” itu  kesatu  kali dipergunakan secara umum pada tahun 1613. Arti kata komputer tersebut  sendiri mengacu untuk  perhitungan aritmatika dan kata itu  masih dipergunakan sampai  pertengahan abad ke-20. Dan seiring dengan pertumbuhan  jaman dari akhir abad ke-19 sampai  seterusnya, “computer” menjadi berubah arti  jadi suatu  mesin yang mengerjakan  komputasi.
Kemudian selama  tahun 1920an, kata “mesin komputasi” mulai dikenal. Setiap mesin yang bisa  membantu mengerjakan  pekerjaan insan  yaitunya menghitung dengan cara  yang efektif, dinamakan  dengan mesin komputasi. Pada tahun 1940-1950 dengan timbulnya  mesin komputasi elektronik kata “mesin komputasi” mulai pulang  menjadi  “komputer” yang seringkali  diawali dengan “elektronik” atau “digital”.
Sejak ketika  itu, Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, Dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih digunakan  sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann ialah  seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data ditabung  pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori. Konsep dasar arsitektur komputer canggih  sendiri merupakan konsep suatu  sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam suatu  memory.

MACAM - MACAM Dan CONTOH KOMPUTASI MODERN

Sebelumnya jenis -jenis komputasi canggih  terbagi tiga macam, yakni  komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi canggih  sebagai inilah  :

           A.    Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki sejumlah  penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan peradaban  teknologi komputer sampai-sampai  dapat berkomunikasi memakai  jaringan tanpa memakai  kabel dan gampang  dibawa atau beralih  tempat, tetapi bertolak belakang  dengan komputasi nirkabel.
Dan menurut  keterangan  tersebut, untuk peradaban  teknologi ke arah yang lebih dinamis memerlukan  perubahan dari segi  manusia maupun alat. Dan bisa  dilihat misal  dari perlengkapan  komputasi bergerak laksana  GPS, pun  tipe dari komputasi bergerak laksana  smart phone, dan beda  sebagainya.

           B.     Grid computing
Komputasi grid memakai  komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan guna  menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
Ada sejumlah  daftar yang bisa  dugunakan guna  mengenali sistem komputasi grid, ialah  :
Sistem guna  koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat. Sistem memakai  standard dan protocol yang terbuka.
Sistem mencoba menjangkau  kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen pribadi  pelayanan komputasi grid.

          C.     Cloud computing
Komputasi cloud adalah gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering meluangkan  layanan melewati  internet.
Komputasi cloud mencerminkan  pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan seringkali  melibatkan peraturan  dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering meluangkan  layanan melewati  internet.

Perbedaan antara komputasi mobile, grid, dan cloud :

1.  Komputasi mobile memakai  teknologi komputer yang bekerja laksana  handphone, sementara  komputasi grid dan cloud memakai  komputer.
2.    Biaya guna  tenaga komputasi mobile lebih mahal dikomparasikan  dengan komputasi grid dan cloud.
3.  Komputasi mobile tidak memerlukan  tempat dan gampang  dibawa kemana-mana, sementara  grid dan cloud memerlukan  tempat yang khusus.
4.     Untuk komputasi mobile proses tergantung si pemakai , komputasi grid proses tergantung pemakai  menemukan  server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya memerlukan  jaringan internet sebagai penghubungnya.
Dan ada pun  persamaan antara komputasi mobile, komputasi grid, dan komputasi cloud, penjelasanya inilah  ini  :
1.   Ketiganya adalah metode untuk mengerjakan  komputasi, solusi  masalah, dan penelusuran  solusi.

2.  Ketiganya membutuhkan  alat proses data yang canggih  seperti komputer, laptop atau telepon genggam guna  menjalankannya.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: