Wednesday, November 15, 2017

SEJARAH Dan PERKEMBANGAN INTERNET

SEJARAH INTERNET 
SEJARAH Dan PERKEMBANGAN INTERNET
SEJARAH Dan PERKEMBANGAN INTERNET
Internet adalah jaringan komputer yang disusun oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melewati proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mempertontonkan bagaimana dengan hardware dan aplikasi komputer yang berbasis UNIX. 

Tujuan mula dibangunnya proyek itu ialah untuk kebutuhan militer. Pada saat tersebut Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk menanggulangi masalah bila terjadi serangan nuklir dan guna menghindari terjadinya informasi terpusat, yang bilamana terjadi perang dapat gampang dihancurkan. 

Pada awalnya ARPANET melulu menghubungkan 4 website saja yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka menyusun satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama lantas proyek ini berkembang pesat di semua daerah, dan seluruh universitas di negara tersebut hendak bergabung, sehingga menciptakan ARPANET kendala untuk mengaturnya. 
Oleh sebab tersebut ARPANET dibagi manjadi dua, yakni "MILNET" untuk kebutuhan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk kebutuhan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan kesudahannya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang lantas disederhanakan menjadi Internet.

PENDAHULU 

Sebelum Internet muncul, sudah ada sejumlah sistem komunikasi yang berbasis digital, salah satunya ialah sistem telegraf yang seringkali dirasakan sebagai pendahulu Internet. Sistem ini hadir pada abad ke-19, atau lebih dari seratus tahun sebelum internet dipakai secara meluas pada tahun 1990-an. Teknologi telegraf sendiri berasal dari konsep yang terdapat bahkan sebelum komputer canggih kesatu diciptakan, yakni konsep ekspedisi data melewati media elektromagnetik laksana radio atau kabel. Namun teknologi ini masih terbatas karena melulu mampu menghubungkan maksimal dua perangkat. 
Di era selanjutnya, ilmuwan laksana Claude Shannon, Harry Nyquist, dan Ralph Hartley, mengembangkan teori transmisi data dan informasi, yang menjadi dasar untuk banyak teori di bidang ini. Perkembangan terjadi antara beda dalam format jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat. Namun kendala masih terjadi sebab hubungan antara dua perangkat komunikasi itu harus terjadi secara fisik, misalnya melewati kabel. Sistem laksana ini pasti tidak aman sebab dapat dengan gampang diputus terutama saat terjadi perang. 

SIMBIOSIS KOMPUTER-MANUSIA 

Pada tahun 1960, J. C. R. Licklider mengenalkan istilah "Man-Computer Symbiosis" (Simbiosis Komputer-Manusia) dalam karya ilmiahnya. Istilah itu ia definisikan sebagai "jaringan komputer yang terkoneksi satu sama lain melewati pita komunikasi lebar yang bermanfaat sebagai perpustakaan, dilengkapi dengan teknologi penyimpanan dan penelusuran informasi." Licklider bareng seorang ilmuwan lain mempunyai nama Welden Clark pun menerbitkan karya lainnya berjudul "On-Line Man-Computer Communication" (Komunikasi Manusia-Mesin Dalam-Jaringan). Dalam karya tersebut, ia menyatakan tentang bagaimana kehidupan insan berubah dengan adanya jaringan komputer yang saling terhubung. 

Dua tahun kemudian, Licklider menemukan tawaran dari Jack Runia guna bekerja sebagai direktur Information Processing Techniques Office (IPTO), suatu divisi baru di dalam DARPA. Tujuan dari kesebelasan ini ialah untuk menciptakan jaringan yang menghubungkan tiga komputer utama Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Pegunungan Cheyenne, Pentagon, dan SAC HQ. Ia menyetujuinya dan segera menyusun tim yang ia sebut sebagai "Members and Affiliates of the Intergalactic Computer Network" ("Anggota dan Afiliasi Jaringan Komputer Antargalaksi"). 

Meski kesudahannya Licklider terbit dari IPTO pada tahun 1964, visi mengenai jaringan universal yang dikemukakan olehnya berujung pada terciptanya ARPANET lima tahun kemudian, pada tahun 1969. Pada tahun 1973 Licklider pulang memimpin sekitar dua tahun.

PERKEMBANGAN INTERNET

Internet telah menciptakan  revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diperkirakan  sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer adalah rangkaian kerja ilmiah yang menuntun mengarah ke  terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki keterampilan  penyiaran ke semua  dunia, mempunyai  mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk bekerjasama  dan berinteraksi antara pribadi  dengan komputernya tanpa diberi batas  oleh situasi  geografis.
Internet adalah sebuah misal  paling berhasil  dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk mengerjakan  riset inilah  pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan riset  packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan semua  civitas academica telah berkolaborasi  berupaya mengolah  dan membuat  teknologi baru yang unik  ini.

KELEBIHAN Dan KEKURANGAN INTERNET

Tentunya dalam dunia Internet terdapat tidak sedikit  sekali keunggulan  dan kelemahan  tergantung dari bagaimana kita hendak  mengaksesnya..: Berikut ini ialah  10 keunggulan  dan kelemahan  dalam Internet :

1. HIBURAN
Teknologi internet dan new media memberikan tidak sedikit  kemudahan guna  pemakai  nya dalam merasakan  hiburan , diantaranya ialah  situs Game Online. dengan website  ini user dapat  bermain game secara universal dengan semua  pemain beda  didunia. Kelebihan : Bisa menghilangkan kejenuhan pemakai  nya dan dapat  mengasah keterampilan  berstrategi dalam berpikir.

2. MEDIA SOSIAL
Mungkin dibidang ini ialah  salah satu teknologi internet yang paling tidak sedikit  pemakai  nya , tidak sedikit  sekali website  penyedia jejaring sosial laksana  : Facebook,Twiter,skype,dan masih tidak sedikit  lagi. dinamakan  sosial sebab  dengan teknologi ini kamu  dapat Bersosialisasi bersama tidak sedikit  orang yang andal kenal bahkan belum kamu  kenal dengan melulu  berkenalan via dunia maya. Kelebihan : Memudahkan kamu  berkomunikasi dengan rekan  bahkan saudara kamu  yang jaraknya barangkali  jauh dari lokasi  tinggal anda,juga bisa  bertukar empiris  informasi dsb,dapat membuat kamu  bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa batas negara.

3. EDUKASI
Banyak sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Internet dapat menciptakan  pemakai  nya cerdas andai  Pengguna nya memakai  nya untuk menggali  pendidikan yang positif, kebalikannya  internet dapat menciptakan  pemakai  nya bebal  jika anda  negatif dalam menggali  pendidikan via internet. Kelebihan : Menambah wawasan pemakai  nya,memudahkan siapapun guna  belajar via dunia maya dengan instan. ringkas padat dan jelas.

4. INFORMASI
Di internet tidak saja  1 atau 2 penyedia layanan infomasi namun  sangatlah tidak sedikit  sekali, mulai dari kompas.com,yahoo.com,viva news dsb. mulai dari informasi gaya hidup,pendidikan,tempat wisata,kesehatan semuanya terdapat  di internet Kelebihan : Membuat pemakai  nya cepat menerima informasi teranyar  tanpa me sti menantikan  acara berita ditelevisi dsb, dan pun  dapat meningkatkan  wawasan dari semua  dunia,karena sangat tidak sedikit  sekali website  Informasi dari semua  Dunia.

5. AKSES 24 JAM
Akses informasi di Internet tidak diberi batas  waktu, sebab  dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’.. Responden riset  yang dilaksanakan  lewat Internet dapat  memberikan respon atau jawaban cocok  dengan situasi  dan kondisi  yang dikehendaki setiap  individu.

6. KECEPATAN
Bila dikomparasikan  dengan sumber data tradisional, riset melewati  Internet jauh lebih cepat, karena mempunyai  sifat  real-time. Kita bermukim  mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menantikan  hasil (tentunya tergantung pada kemudahan  modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah.

7. KENYAMANAN
Peneliti lewat Internet tidak me sti menghadapi sekian banyak   persoalan birokratis, laksana  ijin dari sekian banyak   instansi untuk kebutuhan  peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan kewajiban  untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Di samping  itu, sekian banyak   fitur (features) yang dirancang eksklusif  dan user-ftiendly sangat mempermudah  peneliti mengakses berbagal website  Internet.

8. KEMUDAHAN AKSES
Menjamurnya bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) menciptakan  akses terhadap Internet menjadi lebih mudah. Persaingan antarwarnet dalam urusan  harga, kecepatan akses, dan kemudahan  pendukung lainnya menciptakan  para pemakai  Internet lebih nyaman dan gampang  memanfaatkan Internet untuk kebutuhan  riset maupun destinasi  lainnya.

9. INTERAKTIVITAS dan FLEKSIBILITAS
Dalam dunia internet komunikasi dengan pemakai  di belahan dunia, dapat kamu  lakukan tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang kamu  lakukan bisa  secara interaktif, contohnya  dengan kemudahan  chatting. Di samping  itu  kamu  dapat mengekor  informasi pertumbuhan  terbaru, contohnya  dalam bisnis secara luwes  dan bisa  dikomunikasikan dengan pemakai  lain. Di samping kelebihan  seperti itu  di atas, internet pun  mempunyai kelemahan. Kelemahan itu  tergantung dari sudut pandang masing-masing  pemakai  dan mempunyai  sifat  relatif.

10. SARANA KOMUNIKASI MURAH
Dibandingkan dengan komunikasi modern  abad ini, internet ialah  sarana komunikasi sangat  murah dengan efektifitas lumayan  tinggi. Jika Anda me sti merogoh ribuan dollar guna  berkomunikasi dengan family  di luar negeri via handphone, dengan internet hanya perlu  uang receh. Bisa komunikasi suara, teks bahkan video live.